[Bayi & Balita]
anonim
Dok mohon dibantu pencerahannya anak saya umurnya 2 thn 4bln bb 10 kg terakhir 10,4 habis sakit langsung turun dengan tb 87 . Anaknya small eater , peacky eater bgt dok . Ditambah pencernaannya jg kurang sehat karna bab bisa 2 sampai 3hr sekali . Terakhir ada kasih probiotik malah jd sembelit parah . Mohon bantuannya dok 😭
10:18 24/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
⚠️ Masalah yang Dihadapi
Picky eater & small eater
Gangguan pencernaan (BAB tidak lancar)
Penurunan berat badan pasca sakit
🎯 Tujuan Intervensi Gizi
Menambah asupan kalori dan zat gizi harian.
Meningkatkan nafsu makan anak.
Menormalkan pencernaan (frekuensi dan tekstur BAB).
Mencegah berat badan terus menurun.
✅ Langkah Penanganan
1. Bangun Pola Makan Rutin
Jadwal Makan Menu/Contoh
Pagi (07.00) Nasi tim + telur or ayam suwir + sayur lembut
Snack (09.30) Smoothies pisang-susu full cream
Siang (12.00) Nasi + tahu tempe + bayam + buah potong
Snack sore (15.00) Bubur kacang hijau saring / puding susu
Malam (18.00) Sup ayam + nasi + potongan wortel/kentang
Sebelum tidur (20.00) Susu full cream hangat + biskuit MPASI
Berikan makanan kecil tapi sering. Target 6x makan/hari.
Jangan paksa anak makan banyak sekaligus.
2. Tangani Sembelit dan Pencernaan
Tambahkan serat larut: pepaya, pisang ambon, alpukat, oatmeal.
Air putih cukup (sesuai usia ±800 ml/hari).
Bisa berikan 1 sendok makan minyak zaitun/makan sebagai pelumas alami.
Hindari susu UHT berlebihan dan camilan manis berlebihan.
3. Perbaiki Nafsu Makan
Gunakan food presentation menarik (warna-warni, cetakan lucu).
Libatkan anak dalam memilih/membantu menyiapkan makanan.
Gunakan minyak pada makanan (untuk tambah kalori): minyak kelapa, mentega, santan.
4. Tunda Dulu Pemberian Probiotik Jika Justru Memperburuk
Tidak semua probiotik cocok — bisa diskusikan lagi dengan dokter spesialis anak jika ingin lanjut.
Fokus dulu pada perbaikan pola makan & serat alami.
🔁 Pantauan & Evaluasi
Timbang berat badan 1–2 minggu sekali.
Catat pola BAB, reaksi makan, dan makanan yang disukai/tidak.
Bila berat badan tetap stagnan atau turun selama 1–2 bulan, rujuk ke ahli gizi klinis & dokter spesialis anak.
✨ Pesan untuk Ibu
Anak kecil sering alami fase picky eater, terutama pasca sakit. Tapi ini bisa dibantu dengan pola makan sabar dan konsisten. Jangan bandingkan dengan anak lain. Fokus pada kemajuan kecil setiap hari. Ibu juga butuh support, jadi jangan sungkan untuk curhat atau minta dibuatin meal plan harian dari saya.
Jika Ibu mau, saya bisa bantu buatkan jadwal makan 7 hari lengkap untuk anak picky eater yang habis sakit. Tapi saya perlu juga data jenis kelamin anak untuk mengetahui status gizi saat ini dengan tepat.
09:50 25/07/2025