[Kehamilan]
Ratih Meta
Diet untuk Ibu hamil dengan diabetes
10:18 25/10/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Ibu Ratih, salam kenal ya. Saya sangat mengapresiasi inisiatif Ibu untuk menanyakan hal ini. Menangani diabetes pada masa kehamilan (Diabetes Gestasional) memang butuh perhatian ekstra, karena kita tidak hanya menjaga kesehatan Ibu, tapi juga memastikan perkembangan janin tetap optimal.
Sebagai praktisi gizi di Puskesmas sejak 2015, fokus utama kita dalam diet ini bukan untuk membatasi makan secara ekstrem, melainkan mengontrol lonjakan gula darah agar tetap stabil sepanjang hari.
Berikut adalah prinsip dasar diet yang aman secara klinis:
Prinsip Utama Diet Diabetes Gestasional:
Pola Makan "Small Frequent Meals": Dibanding makan besar 3 kali, lebih disarankan makan dalam porsi kecil namun sering (3 kali makan utama, 3 kali camilan sehat). Ini efektif mencegah gula darah naik terlalu tinggi atau turun terlalu drastis.
Pilih Karbohidrat Kompleks: Ganti nasi putih dengan nasi merah, ubi, atau gandum utuh. Karbohidrat ini diserap lebih lambat oleh tubuh sehingga gula darah lebih stabil.
Wajib Protein & Serat: Setiap kali makan karbohidrat, wajib didampingi protein (ikan, ayam, tahu, tempe) dan serat (sayuran hijau). Serat berfungsi sebagai "rem" agar penyerapan gula ke darah tidak terlalu cepat.
Hindari Gula Sederhana: Untuk sementara, hindari dulu jus buah manis, teh manis, sirup, dan kue-kue manis. Pilih buah utuh yang kaya serat seperti apel atau pir (dimakan dengan kulitnya).
Mengapa Ini Penting?
Gula darah yang tidak terkontrol pada ibu hamil berisiko membuat bayi lahir dengan berat badan berlebih (makrosomia) atau mengalami penurunan gula darah drastis setelah lahir.
Namun, setiap Ibu hamil memiliki kebutuhan kalori yang berbeda tergantung usia kehamilan (Trimester 1, 2, atau 3).
Agar saya bisa membuatkan rincian jadwal makan yang pas buat Ibu, boleh saya tahu:
Berapa usia kehamilan Ibu saat ini?
Apakah Ibu sudah melakukan cek gula darah puasa atau 2 jam setelah makan? Berapa hasilnya?
Dengan data tersebut, saya bisa bantu susunkan menu harian yang menjaga gula darah Ibu tetap aman sampai hari persalinan tiba. Mau kita buatkan jadwalnya?
Mengapa Ini Penting?
Berapa usia kehamilan Ibu saat ini?
12:18 15/01/2026