[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Pengaturan diet DM dan penurunan berat badan
18:40 18/11/2025
Hallo Kak,, Trimksih Sudah Brtny Di Dietducate:
Pengaturan diet untuk penderita Diabetes Mellitus (DM) dan penurunan berat badan fokus pada pola makan seimbang yang membatasi gula dan lemak, serta memperbanyak serat. Untuk menurunkan berat badan, terapkan pola makan dengan kalori terkontrol, pilih karbohidrat kompleks, protein sehat, dan lemak sehat, serta perhatikan porsi makan yang tepat.
Prinsip diet untuk penderita DM dan penurunan berat badan
Pilih karbohidrat kompleks dan tinggi serat: Utamakan sumber karbohidrat seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal, atau kentang. Batasi karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar putih, dan makanan manis.
Perbanyak sayur dan buah: Konsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah setiap hari, pilih buah utuh daripada jus, dan perhatikan porsi makan buah karena beberapa buah mengandung gula.
Pilih protein sehat: Konsumsi protein tanpa lemak, seperti ikan (tuna, sarden, salmon), dada ayam tanpa kulit, dan tahu tempe, sambil membatasi daging berlemak dan olahan.
Pilih lemak sehat: Batasi lemak jenuh dan lemak trans dari makanan yang digoreng, mentega, atau produk susu tinggi lemak. Pilih lemak sehat dari ikan, alpukat, atau kacang-kacangan.
Batasi gula dan makanan manis: Hindari minuman manis, kue, permen, madu, sirup, dan makanan olahan lainnya.
Kendalikan porsi makan: Gunakan metode piring T, di mana setengah piring berisi sayuran, dan setengah lainnya dibagi untuk karbohidrat kompleks dan protein.
Hindari diet ekstrem: Diet kalori sangat rendah hanya direkomendasikan untuk kasus tertentu (DM tipe 2, BMI 27–45, tidak memakai insulin, dan kadar HbA1c < 12%) dan harus dengan pengawasan dokter.
Jaga pola makan teratur: Jangan lewatkan waktu makan, termasuk sahur saat puasa, untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
Semoga Membantu😇
Jika Masih Ada Yg mau Ditnykn silhkn chat dikolom chat ya kak🙏T
14:17 21/11/2025