[Bayi & Balita]
anonim
Penyebab space delay pada balita
09:16 26/11/2025
Hallo Kak Trimksih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Penyebab Speech Delay
1. Kurang stimulasi: Kurangnya interaksi dan stimulasi verbal dari orang tua karena anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget atau tidak diajak bicara.
2. Gangguan pendengaran: Masalah pada telinga, seperti infeksi telinga kronis, dapat mengganggu kemampuan anak untuk mendengar dan belajar berbicara.
3. Kelainan struktur mulut: Kondisi seperti bibir sumbing, masalah pada lidah atau langit-langit mulut, atau frenulum (lipatan lidah) yang pendek bisa membatasi gerakan saat berbicara.
4. Gangguan saraf atau otak:
Autisme: Gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi komunikasi dan perilaku.
5. Gangguan neurologis: Kondisi seperti cerebral palsy atau cedera otak traumatis yang memengaruhi otot bicara.
6. Keterbelakangan mental: Ketidakmampuan dalam berbicara dan memahami kata-kata dengan baik.
7. Lingkungan bilingual/multilingual: Penggunaan lebih dari satu bahasa secara tidak konsisten bisa membingungkan anak, meskipun terkadang ini normal.
8. Faktor psikologis: Gangguan seperti depresi atau kecemasan pada anak juga dapat menjadi penyebabnya.
Semoga Membantu Kak😇
Jika Msih Ad Yg Mau Ditnykan Silhkn Chat Dikolom Chat Ya Kak🙏
06:38 03/12/2025