[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Cara menghitung kebutuhan kalori anak perempuan usoa 14 tahun
21:06 16/12/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Nina. Wah, senang sekali melihat perhatiannya terhadap kebutuhan nutrisi anak di usia remaja. Usia 14 tahun adalah masa yang sangat krusial karena anak perempuan sedang berada di puncak masa pertumbuhan (growth spurt) dan biasanya sudah mulai atau sedang mengalami masa pubertas.
Sebagai praktisi gizi di Puskesmas, saya sering menangani kasus remaja. Di usia ini, kita tidak boleh sembarangan memotong atau melebihkan kalori karena akan berdampak langsung pada siklus menstruasi, pertumbuhan tulang, dan perkembangan hormonnya.
Berikut adalah cara profesional untuk menghitungnya:
1. Menggunakan Standar AKG (Angka Kecukupan Gizi)
Secara umum, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI, ratarata kebutuhan energi untuk anak perempuan usia 13-15 tahun adalah sekitar 2.050 2.100 kkal per hari.
Namun, untuk hasil yang lebih personal, kita harus melihat tingkat aktivitasnya.
2. Rumus Estimasi Cepat (Berdasarkan Aktivitas)
Jika Nina ingin menghitung secara mandiri, kita bisa menggunakan estimasi berdasarkan berat badan (BB) aktual:
3. Komposisi Nutrisi yang Dibutuhkan
Bukan cuma jumlah kalorinya, tapi "kualitas" kalorinya juga penting di usia 14 tahun:
Protein (15-20%): Sangat penting untuk pertumbuhan jaringan dan organ.
Lemak Sehat (20-30%): Dibutuhkan untuk perkembangan hormon reproduksi.
Karbohidrat (50-60%): Sebagai sumber energi utama aktivitas sekolah.
Zat Besi & Kalsium: Ini wajib diperhatikan! Remaja putri butuh zat besi lebih banyak karena mulai menstruasi (mencegah anemia) dan kalsium untuk kepadatan tulang maksimal.
Tips Tambahan:
Di usia remaja, hindari mengajak anak untuk melakukan diet ketat kecuali atas saran dokter. Fokuslah pada pola makan 3x utama dan 2x selingan sehat. Pastikan anak tidak melewatkan sarapan, karena penelitian menunjukkan remaja yang sarapan memiliki konsentrasi belajar yang jauh lebih baik di sekolah.
Agar perhitungannya bisa lebih akurat sesuai kondisi anak, boleh saya tahu:
1. Berapa Berat Badan (BB) dan Tinggi Badan (TB) anak saat ini?
2. Bagaimana tingkat aktivitas fisiknya (misal: ada ekskul olahraga atau lebih banyak diam di rumah)?
Jika Nina memberikan data tersebut, saya bisa bantu hitungkan angka pastinya menggunakan rumus yang lebih detail seperti yang biasa kami gunakan di puskesmas. Mau saya bantu hitungkan?
12:16 15/01/2026