[Masalah Berat Badan]
anonim
Permisi izin bertanya, bagaimana memulai program olahraga untuk menaikkan bb? Dan cara mengatur pola makannya juga. Terima kasih🙏
16:25 25/03/2026
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Trimksih Sudah Bertanya Di Dietducate:
17:33 09/04/2026
NURVITA S. GUSTI ahligizi
1. Menambah berat badan adalah konsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibakar tubuh. Utamakan untuk makan makanan padat tinggi kalori tetapi tetap sehat, seperti nasi, kentang, alpukat, keju, dan kacang-kacangan. Kk dapat menambah porsi makan atau memperbanyak frekuensi makan menjadi 5–6 kali sehari dengan porsi kecil, sehingga tubuh tetap nyaman menerima asupan tambahan. 2. Pilih sumber protein berkualitas Saat ingin membuat badan terlihat lebih berisi, konsumsi protein sangat penting untuk membangun massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Jadi, berat badan bertambah secara sehat. Kk bisa memilih sumber protein hewani dan nabati yang rendah lemak, seperti daging dada ayam, ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Pastikan protein tetap hadir di setiap waktu makan agar tubuh tidak hanya menumpuk lemak. 3. Sertakan karbohidrat dan lemak sehat Selain protein, penting juga untuk memenuhi asupan karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, ubi, atau jagung. Karbohidrat kompleks akan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh, sehingga Kk tetap bertenaga sepanjang hari. Jangan lupakan konsumsi lemak sehat, misalnya dari alpukat, ikan, minyak zaitun, dan biji-bijian. Kombinasi karbohidrat dan lemak sehat ini membantu proses penambahan berat badan berjalan lebih efektif.
17:37 09/04/2026
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Untuk Olahraga Sendiri > Olahraga dengan rutin, terutama latihan angkat beban sebanyak 2–3 kali dalam seminggu akan membantu menambah massa otot sehingga tubuh terlihat lebih berisi dan proporsional. Latihan angkat beban, seperti menggunakan dumbbell, barbel, atau bodyweight training bisa merangsang pertumbuhan otot, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu pembentukan postur yang ideal. Jika ingin meningkatkan berat badan secara sehat, fokuslah pada latihan beban utama, seperti squat, deadlift, dan bench press yang menargetkan kelompok otot besar. Kk boleh melakukan kardio, misalnya berjalan kaki atau bersepeda, tetapi secukupnya saja agar tidak membakar kalori secara berlebihan.
17:40 09/04/2026
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hal yang Perlu Diwaspadai Saat Berusaha Menambah Berat Badan:
17:40 09/04/2026
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Tidak Disarankan konsumsi makanan tinggi gula tambahan dan lemak jenuh secara berlebihan, seperti minuman manis, gorengan, kue, atau fast food. Peningkatan porsi makan sebaiknya dilakukan secara bertahap agar sistem pencernaan tidak terganggu. Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk mendukung proses metabolisme, penyerapan gizi, dan pemulihan setelah berolahraga. Terimkasih🙏 Jika Msih Ada Yg Mau Ditanyakan Silahkan Chat Dikolom Chat Ya Kak😇
17:42 09/04/2026