[Lainnya......]
Serendipity123 Try
halo dokter, mohon solusinya untuk keluhan adik saya. adik saya baru selesai menjalani operasi akibat infeksi di perut. BB 39kg dan tinggi 153cm. Sepulang dari rumah sakit lidah terasa pahit dan selera makan menurun. Tenaga untuk berdiri dan beraktivitas sangan sedikit. Sering lelah. Mohon diberikan solusinya untuk meningkatkan nafsu makan adik saya agar bisa beraktivitas normal lagi dok. saat di rawat di rumah sakit, dokter gizi mengatakan bahwa adik saya malnutrisi grade 4. ada alergi laktosa juga, waktu minum susu perutnya diare.
14:32 15/05/2026
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo! Terima kasih sudah cerita dengan lengkap 😊
Kondisi adik perlu perhatian khusus ya — pasca operasi infeksi perut ditambah malnutrisi berat, tubuhnya sedang dalam proses pemulihan yang berat.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
🍽️ Pola makan:
Makan porsi kecil tapi sering — 6x sehari, jangan dipaksakan porsi besar sekaligus
Fokus pada makanan tinggi protein dan kalori untuk pemulihan: telur, ayam, ikan, tahu, tempe
Karena ada intoleransi laktosa, hindari susu sapi biasa — bisa diganti susu bebas laktosa atau susu berbasis kedelai
Pilih tekstur yang mudah dimakan dulu — bubur, sup, makanan lunak
💡 Untuk lidah pahit & nafsu makan:
Coba variasi rasa dan aroma makanan — jahe, jeruk nipis, atau rempah ringan bisa membantu
Makan di suasana yang nyaman, jangan dipaksa
Minum air putih cukup, tapi jangan tepat sebelum makan agar lambung tidak cepat penuh
⚠️ Yang perlu diperhatikan:
Dengan kondisi malnutrisi grade 4 pasca operasi, idealnya adik masih dalam pemantauan dokter dan ahli gizi secara rutin ya — bukan hanya konsultasi online. Apakah saat ini masih kontrol ke rumah sakit?
Boleh cerita, sekarang adik makan apa saja dalam sehari? Biar saya bisa bantu susun menu yang lebih konkret 🙏
14:30 11/06/2026