[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Apa saja penyebab diabetes ?
Dan kebiasaan apa saja yang paling berperan menyebabkan timbulnya penyakit ini dok ?
01:42 03/01/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo,
Diabetes merupakan penyakit yang penyebabnya multifaktorial, artinya dapat disebabkan beberapa faktor. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan munculnya diabetes mellitus tsb diantaranya yaitu:
1. Kegemukan/berat badan berlebih
2. Obesitas sentral atau obesitas pada bagian perut
3. Aktivitas fisik kurang
4. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
5. Kolesterol darah tinggi, termasuk kolesterol total, LDL, dan trigliserida
6. HDL rendah
7. Merokok
8. Stress
9. Diet tidak seimbang
- Konsumsi makanan/minuman manis lebih dari 1x/hari
- Konsumsi makanan/minuman asin lebih dari 1x/hari
- Konsumsi makanan/minuman berlemak lebih dari 1x/hari
Kebiasaan yang paling berpengaruh tentu konsumsi gula yang tinggi, dan tanpa disadari. Misalnya pada minuman-minuman kemsaan, jika kita cek kandungan gulanya bisa lebih dari 10 gram, padahal 10 gram setara dengan 1 porsi gula dan dalam 1 hari kita dianjurkan maksimal mengonsumsi 4 porsi saja.
Semoga membantu ya,
Terima kasih :)
1. Kegemukan/berat badan berlebih
3. Aktivitas fisik kurang
4. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
6. HDL rendah
7. Merokok
8. Stress
9. Diet tidak seimbang
Semoga membantu ya,
Terima kasih :)
12:10 03/01/2018