[Bayi & Balita]
ucha love heart
Dok anak saya umurnya 16 bulan sudah seminggu tidak mau makan nasi maunya makan jajan atau roti. Air putih saja kadang tidak mau. Maunya yang manis manis. Susu formula kadang mau kadang tidak mau. Sy khawatir bagaimana asupan gizi nya dok. Solusinya gimana dok?
13:00 17/06/2019
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Halo Ucha ?
Perkenalkan saya Fitri, ahli gizi di laman ahligiziID
Dari info yg disampaikan, anak Anda mengalami masalah nafsu makan, ya.
Makanan kemasan/jajanan umumnya ditambahkan penambah rasa/pengawet yang rasanya lebih gurih. Anak jadi ketagihan dan menolak rumahan makanan alami/masakan rumahan karena tidak segurih/seenak makanan kemasan.
Untuk mengatasinya, boleh dicoba memberikan penambah nafsu makan alami, misalnya temulawak atau kunyit alami, bisa dibuat minuman/jamu atau ditambahkan sebagai bumbu pada masakan/jajanan anak.
Lebih lengkap, bisa dibaca pada 2 link artikel di bawah ini, ya:
1. https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/27/terbaru_terpopuler/Mengatasi-Anak-Susah-Makan-tanpa-Stress
2. https://ahligizi.id/artikel/detailartikel/32/terbaru_terpopuler/Obat-Peningkat-Nafsu-Makan-Anak-Tradisional-dari-Segi-Pandangan-Ahli-Gizi
Jangan lupa, setelah nafsu makan anak membaik, kenalkan beragam jenis kelompok makanan bergizi seimbang agar asupan gizinya tetap optimal.
Boleh ditambahkan bumbu penambah rasa gurih alami, misalnya bawang atau tomat, agar rasa makanan tetap enak untuk anak, ya.
Demikian, semoga bermanfaat ?
Salam sehat
02:48 21/06/2019