[Masalah Berat Badan]
anonim
Berat badan saya sekitar 39/40kg tinggi badan 148,5 cm
Indeks massa tubuh 18,1an
Pernah operasi FAM/tumor payudara.
Saya ingin meningkatkan berat badan, supaya bisa ideal. Terlebih krn payudara, dan bokong saya juga kurang berisi.
Pertanyaan :
1. Makanan tinggi protein apa yg aman utk menaikkan berat badan ?(bagi yg pernah operasi FAM)
2. Berapa banyak nasi yg seharusnya saya makan (dalam satusan sinduk nasi, misalnya : 2 sinduk/ 2,5 sinduk/ dll)?
3. Menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang disarankan apa?
Trimakasih, mohon maaf saya bertanya banyak
05:24 25/06/2019
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya, bagaimana kondisi Ibu saat ini apakah mulai membaik? Jangan lupa untuk selalu kontrol ke dokter terkait kondisi kesehatan Ibu.
Berat badan normal Ibu antara 41 - 50 kg.
Agar bagian tubuh tertentu yg berisi perlunya latihan beban untuk membentuk masa otot, seperti sit up, push up, squat 8-10 kali selama 10-15 menit durasi 5x/minggu tergantung kemampuan otot ibu dan diimbangi dengan makanan tinggi protein setelah olahraga angkat beban. Konsultasikan lebih lanjut dengan ahli kebugaran untuk tahu detailnya porsi latihan beban Ibu.
Untuk pasien tumor perlunya penambahan asupan protein yg berasal dari ikan laut, susu skim, daging ayam tanpa kulit, tempe, tahu, telur dan sesekali daging sapi tanpa lemak.
Untuk anjuran menu berdasarkan kebutuhan kalori dan protein, saya harus mengetahui dahulu 1. bagaimana kondisi ginjal Ibu, 2. Apakah ada alergi makanan seperti makan sesuatu sumber protein dan mengalami alergi (sesak, diare). 3. bagaimana aktivitas Ibu sehari2, ringan, sedang, atau berat.
Mohon dijawab agar saran sesuai dengan kondisi Ibu. Terimakasih,
13:00 07/07/2020