[Lainnya......]
risqi ahmad
Saya mau bertanya dok.. bagaimana sih menurut dokter pengaruh diet ocd terhadap kesehatan tubuh dan seberapa efektif untuk penurunan berat badan?
Terima kasih
19:28 04/01/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Hai mas Risqi,
Dari sudut pandang saya, doet ocd dapat menjadi efektif untuk menurunkan berat badan, mengapa? karena tentunya dengan diet OCD, asupan makanan otomatis akan berkurang - pun dengan jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan apakah penurunan tersebut terlalu dratis/tidak? Karena jika terlalu drastis, tubuh harus 'dipaksa' untuk beradaptasi. Dan perlu diingat, tubuh membutuhkan energi untuk 3 hal:
1. Metabolisme basal (mempertahankan kerja organ)
2. Aktivitas fisik
3. Metabolisme makanan
Jika energi yang masuk terlalu rendah karena banyak pengurangan (pd diet ocd), maka dapat mengganggu kerja organ bukan? Oleh karena itu, sebenarnya dilihat kembali kondisi dan kebiasaan seseorang untuk dapat/tidak melakukan diet ocd. Kalau saran saya sih, mending tetap diet seimbang saja dengan pengurnagan seperlunya, dan berolahraga teratur juga jangan lupa!
Semoga membantu ya.
Stay healthy :)
2. Aktivitas fisik
3. Metabolisme makanan
Semoga membantu ya.
Stay healthy :)
23:22 06/01/2018