[Anak Sekolah & Remaja]
Vita Rani
Selamat siang, saya mau tanya, saya ini kan suka sekali telur setengah matang, tapi akhir2 ini kalau saya makan telur setengah matang jadinya malag sakit perut, muntah, diare. Awalnya saya kira karena jenis telurnya. Saya coba telur ayam kampung juga masih sama aja. Sedih jadinya. Pengen tp ngg berani makan. Dr baca2 info kalo telurnya dipasteurisasi jd aman. Emang iya? Dan ada ngg sih cara pasturisasi sendiri?
05:50 21/07/2019
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Halo kak Vita. Terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Bagaimana keadaan kak Vita, apakah sudah membaik?
Telur mengandung bakteri salmonela yang menjadi penyebab sakit tipes. Gejalanya sakit perut, muntah, diare. Ada kemungkinan kak Vita mengalami infeksi bakter tersebut.
Untuk mencegah terinfeksi bakteri, konsumsi telur saat matang dengan pemasakan sampai matang (semua bagian telur padat tidak encer). Pasteurisasi adalah metode memasak untuk menghilangkan bakteri dengan cara direbus. Asalkan direbus sampai bagian dalamnya masak (padat/tidak encer), bakteri salmonela akan mati.
Semoga membantu :)
10:21 11/07/2020