[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Selamat malam, saya ingin menanyakan kenapa saya terlalu kurus padahal setiap hari makan banyak?
14:37 02/08/2019
Kuhapsari Yuliarti Pasalina, S.Gz ahligizi
Terimakasih Kak atas pertanyaannya, saya akan bantu menjawab.
Ukuran dikatakan kurus atau tidak tergantung nilai indeks massa tubuh (IMT), yaitu diperoleh dengan rumus BB/(TBxTB) dengan catatan TB dalam satuan meter dan BB kilogram. batas IMT menurut Kemenkes <17,00 (kurus berat)
17,01-18,4 (kurus ringan)
18,5-25,00 (normal)
25,01-27,00 (gemuk ringan)
>27,01 (gemuk berat)
Selain memerhatikan IMT, jangan lupa juga selalu menjaga pola makan. Pola makan terdiri dari jenis makanan yang dimakan, frekuensi atau berapa kali kita makan dalam satu hari, serta porsi makan yaitu ukuran makanan yang kita makan, dan tetap menggunakan pedoman 10 pesan gizi seimbang karena sekarang pedoman 4 sehat 5 sempurna sudah tidak digunakan, jangan lupa aktivitas fisik.
Untuk masalah yang kakak alami mungkin krn banyak aktivitas yang kk lakukan jadi walaupun banyak makan, energi yang masuk tidak menumpuk menjadi lemak karena sudah digunakan untuk aktivitas. Selanjutnya kedua coba cek IMT terlebih dahulu untuk mengetahui apakah masuk dalam kategori kurus, normal, atau gemuk.
Terimakasih, semoga terjawab ya kak :)
17,01-18,4 (kurus ringan)
18,5-25,00 (normal)
25,01-27,00 (gemuk ringan)
>27,01 (gemuk berat)
Terimakasih, semoga terjawab ya kak :)
02:10 22/04/2020