[Anak Sekolah & Remaja]
randu,athar rathar channel
Anak saya umur 6th 2bln, Beratnya 15kg, Tinggi 111,,agak susah makan, dan dirumah kami komsumsi beras merah,,,apakah anak saya kekurangan gizi dok?
15:38 09/10/2019
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di Dietducate. Bagaimana keadaan anak Anda, apakah sudah membaik?
Berdasarkan status gizi anak Ibu, IMT/U termasuk kategori kurus. Idealnya untuk laki-laki TB 111 cm antara 17 kg - 22kg.
Beras merah mengandung tinggi serat sehingga membuat anak cepat kenyang, Sehingga alangkah baiknya bila diganti dengan nasi bila anak menyukainya.
Tipsnya :
1. Usahakan disiplin dalam makan, makan dengan teratur 3x sehari 2-3 x selingan dengan menerapkan gizi seimbang (nasi, lauk hewani+lauk nabati, sayuran dan buah), selingan dipilih makanan yg padat kalori seperti susu, roti keju, sandwich telur, arem-arem, bubur ayam
2. Jangan mengganti menganti makan utama dengan cemilan.
3. Edukasi anak untuk makan makanan yg kurang kalori seperti ciki, snack, permen karena akan menghilangkan nafsu makan pada anak
4. Minum susu setelah makan utama, bila minum sebelum makan mengakibatkan tidak nafsu makan.
5. Durasi makan anak selama 30 menit
Kebutuhan Anak Ibu sekitar 1400 - 1500 kkal
Makan Pagi 06.30 - 08.00 : Nasi kuning+telur balado 1 buah, kering tempe 2 sdm+ buah semangka 1 potong
Selingan pagi 09.00 - 10.00 : susu 1 gelas
Makan siang 12.00 - 13.00 : Nasi 1/2 centong 50 gr, ikan kakap asam manis 1 potong, tempe bacem 1 ptg kecil, 1/2 mangkuk sup sayuran, pepaya 1/2 ptg.
Selingan sore 03.00 : roti keju 1potong
Makan sore jam 5pm - 6 pm: Nasi 1/2 centong, 50gr, ayam+tahu bumbu teriyaki, sayur bening bayam+jagung+wortel 1/2 mangkok, buah melon 1/2 ptg
Sebelum tidur 08 pm : susu 1 gelas
Semoga membantu ya :)
11:04 11/07/2020