[Masalah Berat Badan]
Mutmainna Sattar
Dok, saya mau tanya, Saya makan 2 kali sehari siang n malam itupun makan malamx kadang terlewatkan, tpi kenapa berat badan saya tdak turun2, saya sering melewatkan sarapan apakah dgan melwatkan sarapan dapat mempengaruhi berat badan?
11:56 11/01/2018
Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc(Nutr&Diet) ahligizi
Halo,
Sebenarnya kurang dianjurkan untuk skip atau melewatkan jam makan, karena dikhawatirkan akan muncul waktu 'sangat lapar' sehingga asupan kalori meningkat drastis. Hal tersebut yang bisa mempengaruhi berat badan, misalnya tidak sarapan sehingga sangat lapar pada saat makan siang dan makannya jadi lebih banyak. Saran saya, coba mulai menghitung berapa kalori sih yang kita makan.. caranya bisa melihat disini
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
lalu, dibandingkan dengan kebutuhan kalorinya. Pada prinsipnya, penurunan berat badan akan terjadi jika kalori/energi yang masuk lebih sedikit dari yang diperlukan.
Semoga membantu,
Good luck and stay healthy! ;)
10:56 12/01/2018