[Masalah Berat Badan]
wulan dwi kusuma
Selamat malam
Saya mau berkonsultasi tentang masalah berat badan saya yang kurang sedangkan tinggi badan saya 162 cm.
Mohon solusinyaa ( suplemen atau tips makan)
Terimakasih
19:16 16/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
[Jawaban sama dengan pertanyaan sebelumnya karena pertanyaan terkirim dua kali]
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.ID
Sebelum menaikkan berat badan (BB), ketahui dulu bagaimana status gizi tubuh anda. Cara mengetahui status gizi adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dapat dihitung melalui link https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi .
Apabila hasil perhitungan IMT menunjukkan status gizi normal maka BB dapat dipertahankan karena status gizi sudah optimal.
Untuk menaikkan berat badan yang perlu diperhatikan adalah energi yang masuk ke tubuh harus lebih banyak dari energi yang dikeluarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan makanan.
Asupan makanan diperbanyak dengan memakan makanan yang banyak mengandung kalori (tinggi kalori) dan menambah frekuensi makan :
1. Makanan yang tinggi kalori bisa diperoleh dengan memberikan tambahan kalori & makanan berprotein misalnya susu kental manis, keju, selai coklat/kacang, telur, madu, pada makanan atau makanan ringan seperti kue, roti, pisang bakar atau snack lainnya.
2. Untuk menambah frekuensi makan dapat dicoba dengan menerapkan porsi kecil tapi sering (makan lebih sering dari biasanya namun porsi setiap kali makan kecil) atau dengan lebih sering ngemil. Pemilihan makanan ringan saat ngemil dapat diberi tambahan seperti contoh diatas agar menjadi makanan yang tinggi kalori.
Selain itu olahraga yang tepat juga akan membantu meningkatkan berat badan karena, dengan berolahraga akan meningkatkan massa otot sehingga berat badan dapat meningkat.
13:01 07/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Penjelasan lebih lengkap untuk menaikkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Untuk penggunaan suplemen, perlu diperhatikan terlebih dahulu bagaimana kondisi status kesehatan anda, apa tujuan penggunaan suplemen dan jenis suplemen yang akan digunakan. Saran dari saya apabila kondisi kesehatan anda optimal dan fungsi suplemen dapat peroleh dari makanan segar maka utamakan untuk memperoleh khasiat dari bahan makanannya secara langsung (Yang terkait dengan peningkatan berat badan misalnya fungsi dari tanaman obat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan).
Apabila ingin menggunakan suplemen ada baiknya anda melakukan konsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan baik ahli gizi, dokter atau profesi yang berkaitan agar dapat ditentukan perlu atau tidaknya penggunaan suplemen.
Jawaban saya kirimkan dalam dua bagian agar tautan dapat ditampilkan dengan benar
Terima kasih, semoga bermanfaat.
13:01 07/02/2018