[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
apakah yang seharusnya boleh dimakan dan tidak boleh bagi penderita diabetes dan asam urat serta maag ?
04:52 20/11/2019
Aulia Rahmi, A. Md, Gz. ahligizi
Saya Rahmi akan menjawab pertanyaan anda.. untuk penderita DM penggunaan gula murni dalam minuman dan makanan tidak diperbolehkan, asupan serat utamakan serat larut air yang terdapat dalam sayur dan buah. bahan makanan yang dianjurkan untuk DM : Sumber KH seperti nasi, roti, mi, kentang, singkong, ubi dan sagu. Sumber protein seperti ikan, daging ayam, susu skim, tempe, tahu, kacang2an. makanan terutama diolah dengan cara dipanggang, dikukus, disetup, direbus dan dibakar. bahan makanan yang tidak dianjurkan (dibatasi/dihindari) untuk penderita DM : bahan yang mengandung banyak gula sederhana spt gula pasir, gula jawa, sirup, jely, buah yang diawetkan dgn gula, susu kental manis, minuman botol,es krim, kue2 manis, dodol, cake, fastfood, goreng2an, mengandung banyak natrium spt ikan asin, telur asin, makanan yang diawetkan
16:32 23/06/2020
Aulia Rahmi, A. Md, Gz. ahligizi
bagi penderita asam urat/ gout arthritis hindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi spti otak, hati, jeroan, kaldu, ikan sarden, bebek, kerang, dll untuk maag hindari makanan yang bergas, berbumbu tajam, makanan terlalu asam, makanan pedas. terima kasih..
16:38 23/06/2020