[Anak Sekolah & Remaja]
Sakinah maulidanti
Assalamualaikum dok aku mau nanya kira kira jika tinggi badanku 155 berat badanku harus berapa ya?dan diet apa yang bisa bantu aku turunkan berat badan
11:27 10/12/2019
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat sore Kak Sakinah Maulidanti, Semoga sehat selalu.
Terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducated.
Saya Titik akan mencoba menjawab pertanyaan kakak.
Jika tinggi badan kakak 155 cm, Berat badan ideal kakak sebesar 49,5 Kg.
Berat badan ideal adalah berat badan untuk tinggi badan tertentu yang secara statistik dianggap paling baik untuk menjamin kesehatan.
Nah terkait dengan diet untuk menurunkan berat badan. Berikut saya berikan tips-tips jitu menurunkan berat badan secara sehat
1. Niat (Kakak harus memiliki niat yg kuat untuk menurunkan berat badan, 100 % diet akan gagal jika tidak memiliki tekad yang kuat)
2. Belajar lebih extra terkait gizi (kebutuhan energi sehari, kandungan energi pada makanan, makanan tinggi kalori, makanan tinggi serat, dll)
3. Kurangi porsi karbohidrat (nasi) tiap kali makan secara bertahap (misal biasanya porsi nasi sebanyak 2,5 centong, dikurangi menjadi 2 centong saja)
4. Hindari nyemil makanan tinggi kalori (misalnya coklat, eskrim, gorengan, roti, dll) diutamakan nyemil buah
5. Minum air cukup, sesuai kebutuhan ( minumlah jika perut terasa lapar sebelum jam makan)
6. Jangan makan besar setelah jam 8 malam
7. Porsi sayur dan lauk lebih banyak dari porsi nasi (dalam piring makan)
8. OLAHRAGA secara teratur, diutamakan lari 45 menit (setiap hari)
Semoga bermanfaat...
Semoga bermanfaat ya Kak
Sumber : Seluk Beluk Pemeriksaan Kesehatan oleh Dr. R. Darmanto Djojodibroto
16:45 19/01/2020