[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya mempunyai bb 80 dengan tb 167, saya dulu sempat kurus dengan bb 59 dan tb 165 dan sekarang diusia saya 20 ini rasanya sulit sekali untuk menurunkam bb saya ke bb yang ideal, kira2 plan olahraga dan nutrisi yang cocok untuk saya apa ya? Kebetulan saya anak kos dan harus menyesuaikan apa yang ada
15:07 30/12/2019
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat Pagi Kak... Sebelumnya terima kasih telah berkonsultasi di Dietducated. Saya Titik akan mencoba menjawab pertanyaan kakak. Dari data berat badan dan tinggi badan yang telah kakak berikan, didapatkan indeks massa tubuh sebesar 28,69 Kg/m2 yang menunjukkan bahwa kakak masuk dalam kategori status gizi pre obesitas (menurut standar WHO). Untuk berat badan ideal (BBI) kakak sebesar 60,66 Kg. Pola diet sehat dan alamai merupakan diet yang paling cocok bagi kakak yang mempunyai keinginan untuk menurunkan berat badan. Berikut saya berikan beberapa tips untuk menurunkan berat badan : Step 1 Sarapan (Bangun tidur sarapan tanpa karbohidrat, misal daging, telur, ikan, atau avokad [tanpa nasi atau roti] ) Step 2 Diet Air (Jam 09.00 - 10.00 pagi, biasanya perut terasa lapar, sebelum memutuskan untuk makan, minum 3 gelas air) Step 3 Makan siang Normal (makan siang normal, dengan perlahan mengurangi porsi nasi dari 1 porsi menjadi 3/4 porsi dan pelan -pelan ke 1/4 porsi ) Tips [Gerakan lebih perlahan (tidak terburu-buru) akan mengurangi pembentukan lemak. Sebelum makan nasi, habiskan lauk, akan lebih cepat kenyang ] Step 4 Snack Sehat (Penting : Jangan menahan lapar, jika jam 03.00 - 04.00 terasa lapar, silahkan makan dengan syarat tidak mengandung karbohidrat sederhana. Contohnya telur, avokad, strowbery, daging, ikan, keju, agar-agar dengan sedikit yoghurt ) Step 5 ini berkaitan dengan olahraga yakni JALAN KAKI (Jalan kaki 40-45 menit akan membantu membakar lemak. Biasanya setelah jalan kaki terasa sangat lapar, makan telur, ikan, dan daging setelah jalan kaki agar kerja keras tidak sia-sia) Note : Untuk hasil yang lebih efektif bisa dengan olahraga lari. Step 6 Makan Malam Rendah Karbohidrat Jam 6 sore (Makan malam adalah penentu apakah kakak akan bikin lemak atau bakar lemak selama tidur, kalau makan malam banyak karbo, jelas akan bikin lemak. Ide makan malam [Steak ayam, sate, steak ikan, daging, rendang, ayam bakar, bebek goreng, SEMUA TANPA KARBO]) Step 7 Snack Malam (Jika jam 09.00 lapar, boleh konsumsi snack malam. Ide Snack malam, agar-agar plain dengan sedikit yoghurt dan kalau ada strowbery atau avokad boleh ditambahkan biar cita rasanya lebih lezat ) Step 8 Hindari Ini (Memang makan mie instan atau nasi goreng tengah malam itu paling nikmat, tapi untuk apa jika nantinya jadi penyesalan. Hindari juga makan pagi dengan nasi uduk, nasi kuning, atau bubur ayam) Step 9 Cukup Tidur (Kekurangan tidur akan membuat nafsu makan tambah besar, sehingga tidur yang cukup akan membantu anda untuk mengendalikan nafsu makan, sehingga akan menjadi terkendali (makan untuk hidup, dan hidup untuk makan) Semoga bermanfaat... Terima kasih Sumber : Buku DEBM (diet enak, Bahagia dan Menyenangkan) karangan Robert Hendrik Liembono
09:22 20/01/2020