[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya salah satu penderita gizi buruk.Untuk menaikkan berat badan proporsional bagaimana tipsnya?
19:37 16/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Terima kasih telah bertanya melalui AhliGizi.ID
Kondisi gizi buruk ditujukan pada kelompok usia bayi-balita atau anak-anak yang ditandai dengan hasil penimbangan berat badan tidak naik (dibawah garis merah pada Kartu Menuju Sehat (KMS)) dan atau nilai berat dan panjang/tinggi badan berdasarkan umur dibawah standar.
Pada balita/anak penderita gizi buruk sebaiknya segera laporkan kepada petugas kesehatan. Hal ini bertujuan agar balita penderita gizi buruk mendapatkan perawatan sesuai tingkat keparahan kondisinya. Pelaporan dapat dilakukan melalui petugas kesehatan (ahli gizi, bidan, dokter atau perawat) di fasilitas kesehatan (puskesmas/klinik) untuk mendapat tindakan dari segi medis atau makanan. Petugas kesehatan akan memantau perkembangan berat badan balita tersebut yang sesuai dengan kondisi dan tumbuh kembangnya.
Untuk orang dewasa (>19 tahun) penentuan kondisi fisik/status gizi umumnya tidak menggunakan istilah gizi buruk melainkan sangat kurus/kurang berat badan tingkat berat. Kondisi fisik tersebut ditentukan oleh hasil Indeks Massa Tubuh (IMT). Sebelum memutuskan akan meningkatkan/menurunkan berat badan ketahui dulu bagaimana kondisi fisik tubuh anda dengan cara menghitung IMT melalui tautan https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi .
Apabila hasil perhitungan IMT menunjukkan status gizi normal maka BB dapat dipertahankan karena status gizi sudah optimal.
Untuk kondisi kurus perlu dilakukan peningkatan berat badan (BB). Agar BB meningkat yang perlu diperhatikan adalah energi yang masuk ke tubuh harus lebih banyak dari energi yang dikeluarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan makanan.
Asupan makanan diperbanyak dengan memakan makanan yang banyak mengandung kalori (tinggi kalori) dan menambah frekuensi makan :
1. Makanan yang tinggi kalori bisa diperoleh dengan memberikan tambahan kalori & makanan berprotein misalnya susu kental manis, keju, selai coklat/kacang, telur, madu, pada makanan atau makanan ringan seperti kue, roti, pisang bakar atau snack lainnya.
2. Untuk menambah frekuensi makan dapat dicoba dengan menerapkan porsi kecil tapi sering (makan lebih sering dari biasanya namun porsi setiap kali makan kecil) atau dengan lebih sering ngemil. Pemilihan camilan dapat diberi tambahan seperti contoh diatas agar menjadi makanan yang tinggi kalori.
Selain itu olahraga yang tepat juga akan membantu meningkatkan berat badan karena, dengan berolahraga akan meningkatkan massa otot sehingga berat badan dapat meningkat.
12:55 07/02/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Penjelasan lebih lengkap untuk menaikkan berat badan dapat dilihat pada tautan artikel di bawah ini :https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/13/terbaru_terpopuler/Diet-Peningkatan-Berat-Badan
Untuk kondisi sangat kurus (disertai dengan kondisi yang sangat lemas hingga tidak dapat beraktivitas; nilai IMT jauh dibawah 18,5), sebaiknya anda melakukan konsultasi secara langsung dengan tenaga kesehatan baik ahli gizi, dokter atau profesi yang berkaitan untuk mendapatkan tindak lanjut yang sesuai dengan kondisi kesehatan anda.
Jawaban saya kirimkan dalam dua bagian agar tautan dapat ditampilkan dengan benar
Terima kasih, semoga bermanfaat.
12:57 07/02/2018