[Masalah Berat Badan]
anonim
Dok saya mau tanya, bagaimana cara menaikkan berat badan dan bagaimana cara menjaganya utk tetap stabil? Tb 153cm, bb terakhir 41kg, masalahnya bb saya stabil diangka 40-42. Utk bb naik lagi diatas 42 saya merasa kesusaha. Terimakasih
19:39 16/01/2018
Finda Sifti Dewi, S.Gz ahligizi
Terima kasih atas pertanyaannya
Untuk memantau apakah berqt badan anda sudah ideal atau belum silahkan cek di link di bawah ini
http://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi
Perlu diketahui bahwa cara menaikkan berat badan harus mengatur makanan dan minumannya. Untuk menjaga tetap stabil maka harus seimbang dalam mengonsumsi makanan, secara umum jumlah porsi makanan dalam sehari, yaitu :
1. Konsumsi makanan yang beragam
2. Makanan pokok (nasi/kentang/ubi dll) 3-4 porsi
3. sayur 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi
4. lauk hewani nabati 2-4 porsi
5. batasi konsumsi makanan yang asin, manis dan berlemak
6. minumlah air putih 8 gelas
cek disini untuk.memahami porsi makanan
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
namun jumlah porsi yang pasti setiap orang berbeda beda karena harus disesuaikan dengan usia, tinggi badan, berat badan, tingkat stres dan tingkat aktivitas fisik
Apabila pola makan sudah tearatur, aktivitas fisik tidak berlebihan, maka kemungkinan tipe tubuh anda mesomorp (kurus). Namun tidak perlu khawatir dengan hal ini, anda dapat membiasakan olahraga seperti angkat beban, bersepada cepat, dll karena dapat menambah massa otot di dalam tubuh sehingga membantu menaikkan berat badan anda.
Salam Gizi :)
17:10 19/01/2018