[Anak Sekolah & Remaja]
Salsabila Azzahra
Dok apakah bisa minta tolong berikan saya daftar menu yang tepat untuk penurunan berat badan?
14:25 24/01/2020
Tyas Asri Anindyaningrum, S.Gz., AIFO ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di aplikasi dietducate. Mohon maaf atas keterlambatannya dalam menjawab karena sedang maintenance. Bagaimana kondisi saat ini apakah sudah membaik?
Kami belum bisa memberikan rekomendasi menu karena kami memerlukan asesment lebih lanjut. Bila ingin melakukan pengaturan makan kami perlu mengetahui beberapa data dari Anda :
1. Berapa berat badan, tinggi badan, umur Anda sekarang?
2. Jelaskan secara ringkas kebiasaan makan, jenis makanan dan porsinya dalam sehari (makan brp kali sehari, nasi brp centong, lauk apa dan berapa kali, apa jajan/snack yg dimakan dan berapa kali)
3. Bagaimana aktivitas Anda dlm sehari?
4. apakah melakukan olahraga, jelaskan olahraga yg dilakukan rutin? contoh joging 5x seminggu,
5. Apakah ada riwayat sakit co: gangguan pencernaan?
Mohon dijawab agar saran pengaturan makan dari saya sesuai dengan kondisi Anda. Semoga membantu, terimakasih :)
12:38 29/07/2020
Salsabila Azzahra
BB 80kg, TB 164cm. Kebiasaan makan sehari 2-3x dengan nasi 2,5 centong lauk yang dimakan seringkali yang digoreng. Selama pandemi ini saya jarang jajan. Aktivitas sehariĀ² sebagai mahasiswa, akhir-akhir ini sibuk praktikum di kampus, tetapi selain itu saya suka berdiam diri di kamar. Jarang olahraga, dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Sekian dok, semoga berkenan membantu saya untuk menemukan diet makanan yang tepat bagi saya????
07:26 25/07/2020
Halo kak mohon maaf keterlambatannya dalam menjawab, indeks masa tubuh 29,7, termasuk obesitas.
Target 1 bulan ini mengubah pola makan dulu ya, turun 1-2 kg sudah bagus sekali. Karena fokus kita tidak melulu soal TIMBANGAN YG TURUN, tapi kesehatan jangka panjang.
Kebutuhan kalori BMR (untuk aktivitas organ) 1600 kal, Kalori harian sebesar 2000 kal, karena program penurunan BB, target 2 minggu ini 1700 kal.
Berikut rekomendasi menu 1700 kal, protein 60 gr, rendah lemak
Bagun tidur 2 gelas air putih
Sarapan pagi 06.00 - 09.00 Nasi 1 centong magic com 100 gram, telur asin 1buah+sayur pecel, bumbu pecel 1/2 porsi, air putih 1gelas -> 500 kal, protein 16gr
Selingan Pagi : buah pisang 1 buah 100 gr, air putih 1 gelas -> 100 kal
Makan siang : Nasi 1 centong magic com 100 gr, ikan bandeng goreng 1 potong+ tahu bacem 2 buah+sayur sop ayam (buncis,wortel,kembang kol, ayam 1buah) 1 mangkok, air putih 1 gelas -> 600 kal, protein 21 gr
Selingan sore : buah melon 2 potong+yogurt 1 cup kecil low fat, air putih 1 gelas-> 100 kal, prot 2 gr
Makan malam 06pm (3 jam sblm tidur malam) : Kentang 1 buah 80 gr, pepes kakap+tahu+teri 1 bungkus, sayur asem+1 mangkok, air putih 1 gelas -> 400 kal, protein 16gr
sebelum tidur air putih 1 gelas
Prinsipnya :
1.Makan teratur 3x makan utama, 2x snack (jangan skip makan)
2. Tetap gizi seimbang, yaitu 1 kali makan utama ada Karbohidrat, lauk hewani, nabati,sayuran dan buah (baca
3. Snack diganti buah -> karna rendah kalor dan membuat kenyang,
4. Karbo dapat diganti yg tinggi serat, contoh : 1 porsi nasi 100gr samadengan jagung, 1 buah kentang 1 buah sedang, beras merah 100gr.
5. Yogurt lowfat, bila dikonsumsi secara rutin setiap hari selama 1-3 bulan dapat memperbaiki saluran cerna dan hormon untuk mengatur lemak tubuh.
6. Pertimbangkan jenis makanan sebelum memakannya, bila tinggi lemak dan gula (tinggalkan), perkaya ilmu tentang makanan.
7. Olahraga paling efektif adl zumba, laukan 4-5x durasi 30-1 jam, waktu sebisanya dulu waktunya yg penting dilakukan.
8. LIhat contoh menu makan malam (konsepnya rendah kalori), karena aktivitas kurang, maka kalori makan disesuaikan,
9. Lakukan fasting, stop memasukkan makanan setelah jam 6 sore (minum air putih boleh), penelitian terbaru, durasi tidak makan malam 13 jam akan memperbaiki sel dan hormon pada org yg obes
Aku tunggu progressnya ya kak, 1 minggu bisa evaluasi, apa kendalanya dll. bisa laporan di kolom chat ini. Semoga membantu :)
14:36 29/07/2020