[Diet Asam Urat]
Mia Nur Kholiza
Apa saja makanan yg dianjurkan dan tidak dianjurkan untuk penderita asam urat?
15:00 24/01/2020
Elfrida Ramadhani, S.ST ahligizi
Halo kak mia, untuk penderita asam urat diet yang tepat adalah Diet Rendah Purin, jadi perlu mengurangi makanan tinggi purin. Makanan yang DIANJURKAN : Sumber karbohidrat (nasi, roti, bihun, bubur, gandum, jagung, kentang, ubi, singkong, makaroni), Protein Hewani (telur, susu skim/susu rendah lemak), Sayuran (wortel, labu siam, terong, ketimun, selada, kacang panjang), Buah semua boleh. Makanan yang DIBATASI : Protein Hewani (daging ayam, tenggiri, ikan tongkol, bandeng, bawal, kerang dan udang maksimal 50 gr/hari atau seukuran 1 potong sedang ikan bandeng), Protein Nabati (tahu & tempe maksimal 50 gr/hari atau setara dengan 2 potong tempe, kacang hijau kacang tanah dan kacang kedelai maksimal 25gr/hr), Sayuran (bayak, kangkung, buncis, kacang kapri, kacang polong, jamur dan kembang kol maksimal 100gr/hari atau setara 1 gelas belimbing (tanpa kuah). Makanan yang DIHINDARI : hati, ginjal, usus, sosis, otak, jantung, bebeak, burung, babat, sarden. Selain itu Batasi makanan berlemak dan yang dimasak dengan santan kental ya kak.
Semoga bermanfaat :)
10:44 30/01/2020