[Masalah Berat Badan]
anonim
Kenapa berat badan saya tidak naik-naik padahal saya sering makan dan mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari ?
19:42 16/01/2018
Susanti Kartika Ekawati, S.Gz ahligizi
Hai kak...
Berat badan tidak naik atau susah naik, ada berbagai alasannya..
1. Aktivitas tinggi dan Intake (jumlah makan) kurang... Jadi tubuh masih perlu kalori
2. Frekuensi dan jenis bahan makanan kurang tepat.
Untuk frekuensi, minimal 2jam harus ada makanan yang masuk ke dalam tubuh..
Untuk jenis bahan makanan, pilihlah jenis makanan yang memiliki karbohidrat dan lemak yang baik. Buah dan sayur , bisa dikonsumsi sebagai selingan di antara jam makan besar. Atau snack malam minumlah jus pisang+susu untuk nambah nilai energi pada tubuh.
3. Metabolisme tubuh termasuk cepat. Jadi setiap ada makanan yang masuk ke dalam tubuh, tubuh akan langsung mengolahnya menjadi energi jd tidak ada cadangan yang tersimpan di dalam tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan setidaknya 2 jam sekali ada makanan yang dimakan.
4. Mood makan yang naik.turun dan berubah.ubah akan mempengaruhi metabolisme tubuh.
.
20:49 17/01/2018