[Masalah Berat Badan]
Wahyu Elia Ramadani
Berat badan tidak naik-naik sedangkan makan udah banyak . Gimana mengatasi nya ?
01:06 25/01/2020
Elfrida Ramadhani, S.ST ahligizi
Selamat pagi kak Wahyu, terimakasih sudah bertanya. saya Elfrida akan mencoba menjawab pertanyaan kakak. Salah satu kemungkinan penyebab berat badan tidak naik meskipun sudah makan banyak adalah adanya masalah yang terdapat pada sistem metabolisme tubuh, misalnya gangguan penyerapan zat gizi pada saluran pencernaan. Nah tips untuk meningkatkan berat badan adalah : 1. Makan porsi kecil dan sering Yang dimaksud disini adalah makan lebih sering dari biasanya, yang semula 3 kali sehari dalam porsi besar menjadi 6 kali sehari dalam porsi kecil. Hal tersebut akan membuat kadar gula darah tetap normal,karbohidrat terserap sempurna, dan menjaga metabolisme tubuh. 2. Meningkatkan asupan kalori. Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan lebih banyak kalori dengan minum susu, jus buah murni ataupun jus sayuran, kakak dapat juga menambahkan ekstra keju di telur dadar kakak, dll. Sebaiknya tidak meningkatkan kalori secara berlebihan, seperti mengkonsumsi junkfood atau makanan yang digoreng. Konsumsi makanan yang kaya zat gizi ya kak. Setiap kali makan ada sumber karbohidrat (seperti nasi, roti, ubi, kentang, dll), protein hewani (seperti telur, ikan, daging, dll), protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan), sayur dan buah. 3. Perbanyak minum air putih. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna. Dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari kak. 4. Latih kekuatan otot Latih kekuatan otot dapat dilakukan dengan berolahraga. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan. Setelah selesai berolahraha, pastikan kakak makan yang cukup untuk mengganti apa yang telah kakak gunakan. Bisa juga dengan bersepeda secara rutin, setidaknya sekitar 1 kali dalam seminggu. Penambahan berat badan dapat juga berasal dari penambahan massa otot, dimana hal tersebut lebih baik dibandingkan dengan penambahan massa lemak tubuh. Sekian, semoga membantu ya kak :)
09:42 25/01/2020