[Gizi Olahraga & Kebugaran]
septimike yourintan
Halo, saya mau tanya. Sebenarnya penurunan massa lemak itu bisa terjadi dengan kita mengatur pola makan atau dengan olahraga ? Mohon penjelasannya, terimakasih
01:07 25/01/2020
Fadhel muhammad A.Md.Gz ahligizi
halo kak septimike, terimakasih atas pertanyaannya... untuk menurunkan massa lemak maka yg dilakukan harus perpaduan keduanya ( mengatur pola makan dan olahraga) pola makan untuk penurunan berat badan perhatikan 4J (jumlah,jenis, jadwal, dan jurus masak) 1. Jumlah kalori untuk penurunan massa lemak adalah menerapkan kalori defisit (kalori masuk< kalori yg keluar). 2.jenis makanan. dengan cara mengganti jenis makanan yg biasa kita konsumsi sepeti mengganti nasi putih menjadi nasi merah karena mengandung karbohidrat kompleks dan serat lebih banyak. 3. jadwal makan. dianjurkan untuk tidak skip jadwal makan Krn ketika kita membiarkan tubuh dalam kondisi lapar yang terlalu lama maka pemilihan jenis makanan menjadi irasional dan jumlahnya lebih banyak. 4. jurus masak, hindari makanan yang pengolahan nya menggunakan minyak , sepertin makanan yg di goreng. untuk olahraga , lakukan olahraga kardio dan latihan pengencangan otot . perpaduan kedua olahraga ini dapat mengoptimalkan program pengurangan massa lemak. lakukan olahraga per Minggu minimal 3x dengan durasi 30-60 menit , dimulai dengan intensitas rendah .
17:45 26/05/2020
septimike yourintan
Terima kasih. Mohon ijin bertanya lagi. Bagaimana caranya untuk mengetahui kalau yg turun itu massa lemak saja, bukan massa otot? Adakah tips untuk mempertahankan massa otot kita?
12:10 27/06/2020
Fadhel muhammad A.Md.Gz ahligizi
untuk mengetahui massa lemak ataupun otot, bisa cek pakai analisis komposisi tubuh atau yg biasa di sebut BIA (biomedical impedance analysis) biasanya ada di tempat fitness center atau klinik kesehatan. tips untuk mempertahankan massa otot adalah dengan latihan beban yg tepat , konsumsi protein , dan istirahat yang cukup
19:40 01/07/2020