[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya wanita usia 25 th, sekarang berat saya 62.5 kg, tinggi 157 cm, sya suka sekali makan, biasanya 3x sehari dg porsi sedang, dan saya mulai mengurangi cemilan, karena saya ingin kurus. Saya juga suka senam aerobik 3x seminggu tiap malam. Tapi kenapa susah sekali ya utk kurus? Bagaimana tipsnya supaya sy bisa menurunkan bb saya menjadi ideal?
19:52 16/01/2018
Finda Sifti Dewi, S.Gz ahligizi
Terima kasih atas pertanyaannya
Saya senang dengan usaha anda dalam menurunkan berat badan, kiat anda menurunkan berat badan tetap lanjutkan.
Target berat badan ideal sesuai BB dan TB anda adalah 51 kg. Berikut saran pola makan dalam sehari yang saya berikan sesuai kebutuhan 1810 kkal dengan pembulatan 1800 dengan perkiraan aktifitas fisik ringan :
1. makanan pokok (nasi/kentang/ubi dll): 3 porsi
2. sayur 3 porsi (per porsi sayur sebanyak ukuran gelas belimbing) dan buah 4 porsi
3. lauk hewani (daging ayam/telur dll) : 2 porsi (pilih yang rendah lemak)
4. lauk nabati (tempe/tahu) : 3 porsi
5. batasi konsumsi makanan yang asin, dan berlemak (maksimal 5 buah makanan yang digoreng dalam sehari)
6. konsumsi gula maksimal 2 sdm dalam sehari
7.gantilah camilan dengan buah dan apabila ingin mengonsumi produk makanan dan minuman dalam kemasan maka cek nutrition fact (label gizi) carilah yang rendah kalori dan rendah lemak serta pahami serving size nya
8.minumlah air putih 8 gelas
untuk lebih lanjut memahami arti porsi makan dalam sehari dapat melihat di link ini:
https://ahligizi.id/index.php/artikel/detailartikel/17/terbaru_terpopuler/Ukuran-Standar-Porsi-Bahan-Makanan -(Food-Exchange-List)
Ingat anjuran pola makan diet ini akan berbeda beda setiap orang karena sesuai usia, berat badan, tinggi badan, faktor stress dan aktifitas fisik.
Selain itu lakukan olahraga minimal 3x seminggu. Olahraga aerobik memang baik, namun untuk menurunkan berat badan lebih lama. Namun bukan berarti tidak dilakukan. Saran saya disamping rutin melakukan aerobik, Cobalah melakukan olahraga seperti jump squat, push up, plank, angkat beban, lari dll. karena dapat membantu membentuk otot dan menurunkan lemak yang ada di tubuh
Harapannya dapat menurunkan berat badan dengan sehat, karena diet ini memang penurunan berat badannya perlahan namun pasti. :)
Diet bukan berati tidak makan ya
Semoga Berhasil Diet Sehatnya :)
Salam Gizi :)
15:20 19/01/2018