[Masalah Berat Badan]
anonim
Bagaimana cara sehat menurunkan berat badan bagi orang yg memiliki kesibukan dan jadwal yg padat setiap harinya sehingga sulit mencari waktu untuk olahraga dalam proses menurunkan berat badan?
19:53 16/01/2018
Siti Budi Utami, S.Gz. MPH ahligizi
Salam,
Perubahan berat badan dipengaruhi oleh 2 faktor utama, yaitu keseimbangan antara faktor asupan makan dan aktifitas.
Jika seseorang menginginkan berat badannya berkurang/turun maka energi yang masuk ke dalam tubuh harus lebih kecil dari pada yang dikeluarkan oleh tubuh. Salah satunya dapat diwujudkan dengan membatasi asupan makan dan meningkatkan aktifitas/olahraga.
Bagaimana jika terhalang oleh kesibukan pekerjaan?
Asupan makan tetap dapat dibatasi dengan menyiapkan makanan sendiri dari rumah (membawa bekal), agar tidak ada keinginan utk membeli makanan di luar. Kebiasaan jajan di luar biasanya akan sulit dikendalikan, dan merusak diet kita.
Selain itu, usahakan tetap dapat beraktifitas selama bekerja, alihkan penggunaan lift/escalator dengan menaiki tangga. Jika jarak ke tempat bekerja dekat dgn tempat tinggal gunakan kendaraan non mesin atau juga bisa dengan jalan kaki.
Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat. :)
22:19 18/01/2018