[Diet Diabetes Mellitus]
Toeti Thohir
Makanan apakah yang boleh dan tidak boleh bagi penderita Diabates type 2... dan bagaimana cara oengaturan makan sehari
08:39 25/01/2020
Titik Khoiriyah, S.ST ahligizi
Selamat sore Kak Toeti, Semoga sehat selalu. Sebelumnya terima kasih telah bertanya Dietducate. Saya Titik akan mencoba menjawab pertanyaan Kakak. Prinsip Diet Diabetes Melitus itu 3 J Kak, JUMLAH ( Harus diperhatikan, terutama porsi nasi yaitu 7-9 sdm saja tidak boleh lebih ( 100 g)) JADWAL( 3 kali makan besar 3 kali selingan dengan rentang waktu 3 jam, misal makan pagi jam 7 pagi, nanti untuk makan selingan jam 10 pagi) JENIS, nah untuk jenis ini adalah makanan apa-apa saja yg dianjurkan, dibatasi, dan dihindari untuk dimakan. MAKANAN Yang Dianjurkan 1.Ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, daging tidak berlemak 2. tempe, tahu, kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai 3. kangkung, gambas, ketimun, tomat, blonceng, brokoli, sawi, terong, 4. jeruk, apel, pepaya, jambu air, salak, belimbing MAKANAN yang dibatasi 1. Semua sumber karbohidrat : nasi, roti, mie, kentang, dll 2. kornet, sosis, sarden, otak, jeroan, kuning telur 3. bayam, buncis, labu siam, daun singkong, jagung muda, kacang panjang, wortel 4. Nanas, anggur, mangga, pisang, alpukat, sawo, semangka, nangka masak MAKANAN yang di hindari 1. Keju, abon, dendeng, susu fullcream, susu kental manis, yogurt, es krim, soft drink 2. Gula pasir, gula merah, madu, gula batu, cake, coklat, permen, tape, dodol Semoga Bermanfaat,Terima kasih
20:57 25/01/2020