[Masalah Berat Badan]
anonim
Assalamulaikum dok, saya mau bertanya bagaimana cara mengecilkan perut buncit secara alami? Lalu pola makan yg bagaimana yg harus diatur ya dok?
20:22 16/01/2018
Fitri Ahli Gizi ID ahligizi
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Terima kasih telah bertanya melalui Ahli Gizi.id
Perut yang buncit umumnya disebabkan karena adanya penumpukan lemak di area yang berongga seperti perut.
Untuk dapat mengecilkan perut, dari segi pola makan yang perlu diperhatikan adalah mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan pemilihan bahan makanan :
1. Mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dapat diketahui dengan menghitung kebutuhan energi tubuh melalui link : https://ahligizi.id/index.php/ahligizi/kalkulatorgizi #
Setelah mengetahui kebutuhan tubuh usahakan agar kita makan sesuai dengan kebutuhan tubuh tersebut dengan memerhatikan prinsip gizi seimbang. Hal ini perlu dilakukan karena apabila kita memakan makanan lebih dari kebutuhan maka, tubuh akan menyimpan kelebihan makanan tersebut dalam bentuk lemak. Prinsip gizi seimbang akan mengarahkan agar kita mengonsumsi makanan sesuai dalam jumlah dan jenisnya.
2. Pemilihan bahan makanan sebaiknya dilakukan dengan :
a. Mengurangi asupan lemak. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengurangi makanan yang pengolahannya menggunakan banyak minyak/digoreng. Bisa diutamakan memilih makanan dengan metode pengolahan kukus,rebus, bakar, panggang atau yang lainnya.
b. Memperbanyak asupan serat. Asupan serat yang cukup mampu menyerap lemak tubuh. Serat banyak terdapat pada buah dan sayur. Meningkatkan frekuensi mengonsumsi buah dan sayur selain pada saat makan besar, dapat dilakukan dengan menjadikan buah/sayur sebagai cemilan.
Untuk mengurangi lemak pada bagian perut, pola makan harus diimbangi dengan olahraga. Olahraga perlu dirutinkan dan dapat ditingkatkan secara bertahap durasinya. Olahraga dapat diutamakan yang melatih otot perut seperti melakukan peregangan sit-up, crunch dan bentuk peregangan lainnya.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
15:20 18/01/2018