[Masalah Berat Badan]
anonim
Cara menaikkan berat badan agar menjadi ideal gimana ya? Mau saya makan sebanyak apapun juga belum bisa bertambah gemuk
20:34 16/01/2018
Susanti Kartika Ekawati, S.Gz ahligizi
Halo kak,
.
Cara menaikkan berat badan supaya ideal,
1. Rutinlah makan secara teratur.
Mulai dari sarapan sebelum jam 8 pagi, snack siang jam 10, makan siang jam 1 siang, snack sore jam 4, makan malam jam 7 malam dan snack malam jam 9 malam.
Jika hari ini sarapan jam 7 pagi, usahakan besok sarapan juga jam 7 pagi, besoknya lagi juga jam 7. Itu bertujuan supaya metabolisme tubuh lebih sehat dan terjaga.
2. Pilih jenis bahan makanan yang tepat. pilihlah jenis makanan yang memiliki karbohidrat dan lemak yang baik. Buah bisa dikonsumsi sebagai selingan di antara jam makan besar. Atau snack malam minumlah jus pisang+susu untuk nambah nilai energi pada tubuh.
Pilihlah snack yang mempunyai nilai kalori lebih, misal: makaroni mini skotel (ukurannya kecil tapi nilai gizinya banyak, ada lemak dari telur,susu,keju dan ada karbohidrat dari makaroni / roti)
3. Jangan sampai merasa lapar. Karena saat lapar atau saat perut berbunyi lapar, ada cadangan energi di tubuh yang digunakan untuk energi saat itu, jika terus.terusan merasa lapar, badan akan tetap kurus / tidak akan bertambah berat badan.
Solusi'nya simpan camilan semacam roti / biskuit yang bisa digunakan sebagai pengganjal saat belum sempat makan.
.
1. Rutinlah makan secara teratur.
.
20:46 17/01/2018