[Diet Asam Urat]
Nila Dania
Makanan apa yg boleh buat orang asam urat tinggi dg batu empedu dan gula darah tinggi?
11:10 26/01/2020
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
prinsip diet untuk asam urat tinggi yaitu HINDARI makanan yg mengandung kadar purin yg tinggi seperti jeroan, hati, otak, jantung, ginjal, ekstrak daging (kaldu kental), bebek, ikan sarden, makarel, remis dan kerang. Makanan yg diBATASI hanya blh maksimal 1-1,5 ptg per hari nya seperti daging, ikan atau unggas, tahu, tempe atau satu mangkuk sayuran seperti asparagus, bayam, daun singkong, kangkung, daun dan biji melinjo.
Makanan yg BOLEH karna kadar purinnya diabaikan dan boleh dikonsumsi setiap hari adalah nasi, singkong, jagung, roti, mie, bihun, tepung beras, puding, susu rendah lemak, telur, sayuran dan buah-buahan.
Untuk diet batu empedu prinsipnya makanan rendah lemak. Makanan yg TIDAK BOLEH kue, biskuit, pastri, ketan, talas, daging berlemak, udang, bebek, otak, limpa, ginjal, hati, sosis, babat, usus, cumi, sarden kalengan, kulit ayam, kacang merah, kacang tanah, kol, sawi, lobak, ketimun, durian, nangka matang, alpukat, margarin, minyak dari hewan, minyak sapi, babi, kamping, susu full cream, keju, mentega, yogurt.
Makanan yg BOLEH : beras merah, roti gandum, havermut, makaroni, jagung, kentang, sereal, telur (kuning telur maksimal 3 btr/minggu, putih telur bebas), ikan segar, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, susu non fat, tahu, tempe, oncom, tofu, semua sayuran dan buah kecuali yg trdpt pd daftar yg tdk dianjurkan, minyak jagung, minyak kedelai, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari.
Gunakan minyak untuk menumis jangan digoreng.
Untuk gula darah tinggi (Diabetes Melitus/DM) prinsip nya ada 3 yaitu 1. Tepat waktu 2. Tepat jenis (makanan beraneka ragam) 3. Tepat jumlah, jumlah nya terbatas tdk boleh berlebihan (tdk boleh makan double karbo seperti nasi lauknya mie/kentang)
Makanan yg TIDAK BOLEH: gula, madu, sirup, jam/selai, jeli, dodol, kue-kue manis, buah yg diawetkan, susu kental manis, minuman kemasan, es krim, jeroan, otak, susu full cream, cake, gorengan, hidnarin makanan yg diawetkan.
Semoga bisa terjawab dan bermanfaat 🙂
18:44 26/01/2020