[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Dina Eka
Minum susu bisa menaikkan tekanan darah ?
12:51 27/01/2020
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
tergantung besar porsi nya, jika terlalu banyak kemungkinan akan menaikkan tekanan darah. disarankan minum susu low fat atau rendah lemak untuk penderita darah tinggi dan hindari makanan yg diawetkan atau difermentasi dan kue yg memakai baking soda
19:58 27/01/2020
Hanissa Mutiarani Ma'mun,S.Tr.Gz. ahligizi
Hipertensi merupakan faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung, penyakit arteri perifer, dan stroke. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk menangani penyakit hipertensi, salah satunya melalui diet. Susu mengandung kalsium dan peptida yang berperan dalam penurunan tekanan darah. Di lain pihak, susu juga mengandung natrium, lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, timbul kontroversi bagaimana peranan susu terhadap kejadian hipertensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Wijayanti (2007) Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro mengenai "Hubungan Konsumsi Susu dengan Kejadian Hipertensi" menunjukan hasil adanya hubungan konsumsi susu dengan kejadian hipertensi. Pada analisis bivariat diperoleh nilai Rasio Prevalensi (RP) konsumsi susu terhadap kejadian hipertensi sebesar 0,41 (95% CI: 0,18 ; 0,94). Analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel-variabel yang mempunyai hubungan bermakna dengan kejadian hipertensi adalah konsumsi susu, asupan kalium, dan usia. RP konsumsi susu terhadap kejadian hipertensi sebesar 0,18 (95% CI: 0,04 ; 0,82). Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian tersebut bahwa "Konsumsi susu merupakan faktor protektif terjadinya hipertensi"
19:59 27/01/2020