[Lainnya......]
Nila Dania
Bagaimana untuk terapi diet pada pasien epilepsi atau ayan?
13:59 27/01/2020
Eka Sariningsih, S.Gz ahligizi
Diet keto yaitu mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan lemak dan protein. diet keto bisa menjadi salah satu cara mengendalikan kejang. Pada kondisi normal, tubuh akan menggunakan glukosa yang berasal dari asupan kabrohidrat sebagai energi utama. Ketika pasien epilepsi menerapkan diet keto, maka tubuh akan otomatis kekurangan glukosa hingga akhirnya mengandalkan cadangan lemak sebagai pengganti energi.  Ketika tubuh menggunakan lemak sebagai energi, maka zat keton juga akan terbentuk secara alami. Semakin banyak lemak yang digunakan, semakin banyak pula zat keton yang diproduksi tubuh. Pada pengidap epilepsi, zat keton ini justru menguntungkan karena dapat memengaruhi aktivitas listrik di otak dan akhirnya menurunkan risiko kambuhnya epilepsi. Semoga terjawab dan bermanfaat
21:09 27/01/2020