[Bayi & Balita]
gia shofa
Pagi kak..
Ka kalau balita >6 bulan sering bab, setelah makan pasti bab solusinya gmn ya kak?
Adakah makanan yg perlu dikurangi/ditambah ya kak? Terimakasih..
01:51 29/01/2020
Elfrida Ramadhani, S.ST ahligizi
Halo kak Gia saya Elfrida, dalam sehari balita tersebut BAB berapa kali kak? Karena menurut IDAI, frekuensi BAB normal pada bayi usia 6-12 bulan berkisar antara 2-4x/hari. Normal/tidaknya BAB pada balita tersebut, bisa dilihat juga dari warna dan konsistensinya kak, termasuk apakah ada lendir/darah di fesesnya. Salah satu penyebab seringnya BAB pada balita adalah pemberian MP ASI "baru" sehingga pencernaan balita masih beradaptasi. Nah apabila balita tersebut cenderung BAB lebih dari 4x/hari maka untuk ASI tetap diberikan, hindari MP ASI/makanan yang berlemak apalagi pedas, dan kurangi pemberian cairan lain seperti susu formula. Untuk mengetahui kondisi kesehatan balita lebih lanjut, kakak bisa membawanya ke dokter/bidan. Terimakasih semoga membantu :)
14:12 29/01/2020