[Masalah Berat Badan]
Blue Majeztic
Cara diet yg tepat bagi orang kelebihan berat badan yg memiliki riwayat kadar kolestrol tligeserid dan asam urat diambang batas normal (malah kadang over) tp tensi cenderung selalu rendah. Biasanya 60/90. Diet apa yg tepat?
02:02 29/01/2020
Elfrida Ramadhani, S.ST ahligizi
Selamat sore saya Elfrida. Diet untuk seseorang dengan berat badan berlebih adalah Diet Rendah Kalori. Kemudian jika memiliki riwayat kadar kolesterol, trigliserid dan asam urat tinggi maka perlu diet Rendah Kolesterol dan diet rendah purin.
contoh makanan yang diperbolehkan untuk kombinasi ketiga diet tersebut adalah sumber karbohidrat (nasi, bubur, kentang, ubi, dll), protein hewani (ayam tanpa kulit maksimal 3x/minggu, putih telur, ikan, daging tanpa lemak maksimal 1x/minggu), protein nabati (tempe, tahu), sayuran (bayam,wortel,kangkung, daun singkong,dll) dan buah (jeruk,apel,pepaya,dll).
Makanan yang dihindari : daging berlemak, jeroan, gajih, sosis, otak, kepiting, hati dan susu full cream. Sayuran yang dihindari (menimbulkan gas adalah kol, bunga kol, nangka muda dan sayur mentah), buah yang dihindari adalah yang menimbulkan gas dan tinggi lemak seperti durian, nangka dan buah yang diawetkan. Kemudian untuk sumber lemak sebaiknya menghindari makanan dengan santan kental dan makanan yang berlemak.
Nah untuk tekanan darah yang cenderung rendah, bisa dengan perbanyak konsumsi sayur tinggi folat seperti bayam, kangkung. selain itu konsumsi makanan sumber vit B12 juga bs membantu meningkatkan tekanan darah spt ayam, daging sapi, telur (ingat batasan yang sudah disebutkan di atas).
Terimakasih semoga membantu :)
15:42 29/01/2020