[Bayi & Balita]
anonim
Jika ada balita yg beratnya berada di bawah garis merah. Dan dia tidak disebebkan oleh sakit. Memang dia kecil dr lahir. Nafsu makan baik. Tetapi hanya sedikit sedikit dalam sehari. Bagaimana cara mengatasinya ?
03:31 17/01/2018
Susanti Kartika Ekawati, S.Gz ahligizi
hallo....
balita yang di KMS'nya ter-plot di bawah garis merah, bisa jadi dikarenakan balita tersebut pendek, sangat pendek atau bisa juga dikarenakan berat badannya masih kurang.
karena KMS yang digunakan di posyandu adalah pengukuran dari Berat Badan menurut Umur.
kalau boleh, disertakan bisa minta data tanggal lahir, berat badan, panjang / tinggi badan dan tanggal penimbangan serta jenis kelamin balita tersebut.
karena intervensi / cara mengatasi masalah pada setiap anak, akan berbeda tergantung dari kasus'nya..
.
untuk masalah nafsu makan baik tetapi hanya sedikit2 dalam sehari, bisa jadi:
1. balita punya perasaan bosan ketika makan (lebih senang minum daripada harus ngunyah makan)
2. dia sebenarnya masih mau makan tetapi ukuran lambung sudah tidak muat alias sudah kenyang
jadi untuk mengatasi masalah ini adalah:
buatlah makanan / snack makanan yang mempunyai porsi kecil / waktu untuk makan cepat tetapi mempunyai kandungan gizi yang besar.
misal:
*) saat makan utama: ada nasi, ada sayur bayam, ada tahu bola2 lengkap (tahu kukus yang dihancurkan dan dicampurkan dengan irisan daging ayam / sapi, dan digoreng menggunakan kocokan telur. dibanding dengan makan utama yang berisi: nasi putih, sayur bayam, tahu goreng, telur goreng.
*) snack: bisa membuat makaroni yang padat gizi, yang ada isian makaroni / kentang / roti (sebagai karbohidrat), ada susu, ada telur, ada cincangan daging ayam/sapi, ada cincangan sayur2an di dalamnya.
atau bisa membuat puding sehat yang ditambahin telur, susu dan keju / meisis didalamnya.
.
jadi intinya, buatlah makanan balita tersebut bisa dimakan balita dalam waktu yang cepat karena balita cepat merasa bosan karena harus disuruh mengunyah lama.
.
semoga jawaban di atas bisa membantu ya, mbak....
.
semangat berkreasi membuat olahan makanan...!
:)
.
misal:
.
:)
20:44 17/01/2018